Senin, 10 Desember 2018

PERTEMUAN KELOMPOK AKBAR SEKALIGUS MEWISUDA 296 KPM PKH DAMPINGAN AMIRUDIN SAFA KECAMATAN PIYUNGAN DENGAN MENAMPILKAN FITRI IING PRAKTISI HOMESCHOLING FOUNDER RUMAH PELITA FEATURING SAINAH BAKSO TUSUK KPM GRADUASI MANDIRI SEJAHTERA


Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin  yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat. Salah satu tujuan dari PKH adalah menciptakan perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat dalam mengakses layanan kesehatan dan pendidikan serta kesejahteraan sosial.  Artinya bahwa PKH tidak hanya sekedar memberikan bantuan saja, melainkan ada proses yang mengarah kepada menciptakan perubahan  perilaku  dan kemandirian. Menciptakan perubahan prilaku dan kemandirian terhadap KPM PKH melalui kegiatan Family Development Session (FDS) / Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2). Kegiatan P2K2 diselenggarakan dalam setiap pertemuan kelompok  PKH satu bulan sekali,  pertemuan satu bulan sekali tersebut pendamping tidak hanya menyampaikan tentang informasi sosialisasi PKH atau bisnis proses saja, melainkan diisi  dengan FDS/P2K2 dengan kata lain yang dikenal oleh KPM PKH adalah sekolah PKH. Saat ini Kabupaten Bantul memiliki SDM pendamping PKH sebanyak 220 pendamping, yang sudah mendapatkan diklat FDS/P2K2 baru  sebanyak 60 Pendamping, dan sisanya belum mendapatkan diklat. Amirudin Safa merupakan  salah satu pendamping yang telah mendapatkan diklat ditahun 2017. Amirudin Safa adalah pendamping dari Kecamatan Piyungan, yang memiliki  296 KPM, serta dengan dedikasi dan komitmennya beliau telah berhasil menyelesaikan FDS/P2K2 dalam pertemuan kelompoknya sesuai dengan rencana yang ditargetkannya yaitu  selama 14 bulan dari bulan Oktober 2017 sampai Desember 2018.
        Pada hari Minggu, 9 Desember 2018, Amirudin safa bersama KPMnya berkolaborasi menyelenggarakan PERTEMUAN KELOMPOK AKBAR . Point utama pesan yang ingin disampaikan dari PERTEMUAN KELOMPOK AKBAR tidak hanya mewisuda sebanyak 296 KPM yang telah menyelesaikan pembelajaran FDS/P2K2nya selama 14 bulan, namun point pesan yang sangat penting dari PERTEMUAN KELOMPOK AKBAR dengan menampilan  Firti Iing (Praktisi Homeschooling dan Faunder  Rumah Pelita) Featuring Sainah Bakso Tusuk KPM Graduasi Mandiri Sejahtera, diantaranya adalah pertemuan tersebut merupakan pertemuan kelompok FDS/P2K2 yang menghadirkan pembicara dari luar yang  bertujuan dapat memberikan inpiratif  bagi KPM untuk dapat menerapkan  ilmu dari FDS/P2K2  serta dapat mendorong KPM PKH agar lebih  termotivasi untuk menjadi KPM Graduasi Mandiri Sejahtera.

        PERTEMUAN KELOMPOK AKBAR tersebut disusun sedimikian rupa, dengan struktur kepanitiaan berasal dari KPM, tercetuslah ide dimana terselengaranya sebuah pertemuan kelompok besar FDS/P2K2 yang dapat menghadirkan  seluruh KPM PKH dampingan dari Amirudin Safa yang telah menyelesaikan FDS/P2K2nya, mengundang narasumber dari luar, serta mengundang teman-teman pendamping Kecamatan Piyungan beserta Supervisor dan Kordinator Kabupaten Bantul. Susunan acara diantaranya pembagian doorpres disetiap sesi, sambutan dari Supervisor, sambutan Koordinator Kecamatan Piyungan, testimony Ibu Sainah Bakso Tusuk “Meningkatkan Ekonomi Keluarga”, materi dari ibu Fitri Iing ”Fitrah Base Education”, kemudian dilanjutkan dengan mewisuda KPM PKH yang telah menyelesaikan FDS/P2K2 yang diwakilkan oleh masing – masing ketua kelompoknya.  Supervisor menyampaikan dalam sambutanya bahwa setelah wisuda KPM PKH yang sudah menyelesaikan sekolah FDS/P2K2 tidak hanya berhenti disitu saja, melainkan KPM diharapkan  dapat terus mempraktekan untuk keluarganya, dapat berbagi ilmu dengan masyarakat lainnya, termotivasi untuk mandiri sejahtera, dan tetap melanjutkan pembelajaran FDS/P2K2 bahkan memperdalam materi disetiap sesinya bersama pendamping dalam pertemuan kelompok rutin setiap bulan. Pesan penting yang disampaikan Ibu Sainah Bakso Tusuk KPM Graduasi Mandiri dengan judul “Meningkatkan Ekonomi Keluarga” , yaitu harus berani keluar dari kemiskinan dengan berani memulai usaha dan  tidak bergantung pada bantuan PKH. Tips agar usaha dapat berhasil adalah memiliki keyakinan yang kuat akan keberhasilan, keiklasan,  kesabaran, kerja keras, ketelatenan, keuletan,  mental yang kuat, kuat mendapatkan cercaan dari berbagai pihak, belajar membuat catatan keuangan, displin, sensitive dalam melihat peluang untuk membuka usaha dan mampu membedakan mana kebutuhan serta mana keinginan.  Fitri Iing dengan materi “Fitrah Base Education”  memotivasi kepada para KPM PKH untuk selalu mengajak anak sering mengobrol, sering bermain, dan sering beraktivas bersamanya, itu merupakan kunci untuk terbangun kelekatan atau hubungan emosional antara orang tua  dan anak.
       Semoga dari rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan oleh Pendamping Amirudin Safa Kecamatan Piyungan tersebut,  dapat menginspirasi bagi kita semua bahwa apa yang kita kerjakan tidak cukup hanya berdasarkan melaksanakan atas kewajiban saja, namun perlu dilakukan secara profesionalisme agar mendapatkan kualitas serta capaian yang diharapkan.

Pekerja Sosial Supervisor Kabupaten Bantul

Evi Mulyati, S.ST, M.Si



Tidak ada komentar:

Posting Komentar