Minggu, 30 September 2018

DIKLAT FDS ANGKATAN XIV, XV, XVIII DAN XIX KEMENTERIAN SOSIAL RI


Yogyakarta (29/09/2018) dilaksanakan pembukaan diklat FDS (Family Development Season) angkatan XIV,XV, XVIII dan XIX di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraaan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta yang beralamat di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Diklat FDS dibuka oleh Hari Soeratin selaku Kabadiklit Pensos.

Diklat FDS yang terselenggara di Yogyakarta ini dihadiri peserta dari 6 provinsi di Indonesia yakni DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Diklat FDS ini adalah rangkaian dari diklat dengan system blended, yakni menggunakan metode diklat daring (dalam jaringan) untuk kemudian dilakukan diklat luring (luar jaringan) dengan waktu 165 jam yakni 61 jam daring dan 104 jam luring/ 12 hari. Diklat FDS dengan system blended tersebut memiliki 5 komponen pelaksanaan yakni e-learning, mandiri, penugasan, simulasi dan praktek. Tujuan dilaksanakannya diklat FDS adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan SDM PKH terkait modul FDS yang telah disusun yakni modul pendidikan dan pengasuhan anak, modul pengelolaan keuangan dan usaaha, modul kesehatan dan gizi, modul perlindungan anak dan modul kesejahteraan sosial (disabilitas dan lansia).

SDM PKH yang mengikuti diklat FDS wajib menyampaikan materi FDS yang telah diperoleh kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di wilayah kerjanya masing-masing. FDS merupakan salah satu bagian dari business plan dari Program Keluarga Harapan yang memiliki tujuan merubah mindset KPM PKH untuk memiliki kemauan dan kemampuan menjadi keluarga sejahtera mandiri yang nantinya dapat memutus mata rantai kemiskinan.  Pendamping PKH adalah garda terdepan dari Kementerian Sosial dan menjadi pahlawan bagi Kemensos. Jangan lupa untuk selalu melayani dengan hati, dan hidup bermanfaat untuk fakir miskin”, pesan Hari Soeratin kepada SDM PKH.


Endah Istikhomah (Supervisor Kab Bantul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar